Jual Mesin Kemiri, Mesin Pemecah Kulit Kemiri, Alat Pemecah Kulit Kemiri Terbaru 2019 . Untuk Info Harga Mesin pemecah kemiri

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Friday, 17 January 2020

Kandungan Lemak Pada Biji Kemiri

Kemiri: Deskripsi, Klasifikasi dan Manfaat Tanaman Kemiri (Aleurites moluccana)

Allow, selamat sore, sesi kali ini akan dibahas tentang kandungan lemak pada biji kemiri Kemiri: Deskripsi, Klasifikasi dan Manfaat Tanaman Kemiri (Aleurites moluccana) simak selengkapnya lebih dalam tentang kemiri.

Hasil gambar untuk Aleurites moluccana 
Gambar: Anonimus (2017)

Nama:

Lokal   :Bak keumiroe (Aceh)

Latin    :Aleurites moluccana 

Deskripsi:

Pohon tinggi mencapai 40 m dan gemang hingga 1,5 m. Daun muda, ranting, dan karangan bunga dihiasi dengan rambut bintang yang rapat, pendek, dan berwarna perak mentega; seolah bertabur tepung. Daun tunggal, berseling, hijau tua, bertangkai panjang hingga 30 cm, dengan sepasang kelenjar di ujung tangkai. Helai daun hampir bundar, bundar telur, bundar telur lonjong ,berdiameter hingga 30 cm, dengan pangkal bentuk jantung, bertulang daun menjari hanya pada awalnya, bertaju 3-5 bentuk segitiga di ujungnya. Bunga berkelamin tunggal, putih, bertangkai pendek. Bunga betina berada di ujung malai payung tambahan; bunga jantan lebih kecil dan mekar lebih dahulu berada di sekelilingnya, berjumlah lebih banyak. Kelopak bertaju 2-3; mahkota bentuk lanset, bertaju-5, panjang 6-7 mm pada bunga jantan, dan 9-10 mm pada bunga betina. Buah batu agak bulat telur gepeng, 5-6 cm x 4-7 cm, hijau, berdaging keputihan, tidak memecah, berbiji-2 atau 1. Biji bertempurung keras dan tebal, agak gepeng, hingga 3 cm x 3 cm (Steenis, 1981).

Klasifikasi:

Kingdom: Plantae

Subkingdom: Tracheobionta

Super Divisi: Spermatophyta

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Sub Kelas: Rosidae

Ordo: Euphorbiales

Famili: Euphorbiaceae

Genus: Aleurites

Spesies: Aleurites moluccana (Anonimus, 2012)

Kandungan Kimia

Daging biji, daun dan akar Aleurites moluccana mengandung saponin, flavonoida dan polifenol, di samping itu daging bijinya mengandung minyak lemak. Pada korteksnya mengandung tanin (UGM Farmasi, 2014)

Khasiat

Daging bijinya bersifat laksatif. Di Ambon korteksnya digunakan sebagai anti tumor (Harini, 2000), di Jawa digunakan sebagai obat diare, sariawan dan desentri, di Sumatera daunnya digunakan untuk obat sakit kepala dan gonnorhea. Minyak kemiri dibuktikan berkhasiat sebagai obat penumbuh rambut (Julaiha, 2003).

Penelitian Antikanker

Bagian tanaman yang telah terbukti sebagai antikanker secara etnofitomedis adalah korteksnya yang utamanya mengandung tanin, yang mempunyai aktifitas sebagai imunostimulan, yakni dengan meningkatkan sekresi Tumor Necrosis Factor (TNF) dan sebagai agen antiproliferatif yang juga menginduksi apoptosis (Gali-Muhtasib et al., 2001).

manfaat kemiri untuk pengobatan.

1. Mengobati Sariawan

Bukan cuma biji kemiri yang bermanfaat, namun bagian batang dan getahnya juga, salah satunya untuk mengatasi sariawan di mulut. Yang Anda perlukan adalah getah dari kulit batang pohon kemiri. Untuk mendapatkannya bisa dengan cara merobek kulit pohon kemiri dengan pisau, kemudian tunggu hingga getahnya keluar. Ambil getah tersebut dengan kapas dan tambahkan sedikit santan kelapa jika ada. Oleskan pada bagian mulut yang luka (terserang sariawan) (Anonimus, 2014)

2. Mengobati Sakit Gigi

Selain sariawan, sakit gigi juga bisa diobati dengan menggunakan getah pohon kemiri. Caranya juga hampir sama. Ambil getah pohon kemiri dengan menggunakan kapas. Tempelkan pada gigi yang sakit. Biarkan selama 10 menit, kemudian buang dan ganti dengan yang baru (Anonimus, 2014)

3. Mengobati Diare

Untuk menyembuhkan diare, ambil 20 gram kulit batang kemiri yang masih segar, bersihkan kemudian ditumbuk hingga halus. Rebus dengan air 600 cc sampai airnya berkurang menjadi 300 cc, saring dan ambil airnya. Minum air hasil rebusan kulit batang pohon kemiri tersebut dua kali sehari, sekali minum sebanyak 150 cc  (Anonimus, 2014)

Kemiri: Deskripsi, Klasifikasi dan Manfaat Tanaman Kemiri (Aleurites moluccana)

4. Mengatasi Infeksi Jamur

Jamur dapat berkembang dimana saja, termasuk pada kulit tubuh anda. Infeksi jamur seperti panu memang tidak berbahaya, namun bisa menyebabkan penderitanya tidak nyaman dan bahkan minder. Cara mengatasinya dengan mengoleskan minyak kemiri pada bagian tubuh yang terinfeksi jamur. Lakukan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal  (Anonimus, 2014)

5. Mengatasi susah Tidur (Insomnia)

Minyak kemiri juga dapat membantu Anda melawan insomnia dan tidur lebih lelap. Kandungan melatonin yang terdapat di dalamnya akan membuat Anda rileks dan cepat tertidur. Hal ini baik bagi orang yang memiliki pola tidur yang tidak teratur. Tidur yang berkualitas bisa menjadi awal dari hidup sehat Anda  (Anonimus, 2014)

6. Susah buang air besar (sembelit)

Ambil 1 buah biji kemiri, 2 siung bawang merah, 5 gram pulasari, 10 gram kayu manis, 30 gram daun urang-aring, setengah sendok teh garam, dan setengah sendok teh adas. Haluskan semua bahan lalu rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Saring dan minum airnya 2 kali sehari, masing-masing sebanyak 200 cc  (Anonimus, 2014)

7. Digigit Serangga

digigit serangga yang menyebabkan rasa panas dan gatal. Ambil 2 buah kemiri dan kunyit seukuran jari kelingking. Pangganglah bahan-bahan tersebut, lalu tumbuk sampai halus. Oleskan keseluruhan bagian tubuh yang gatal akibat tergigit serangga  (Anonimus, 2014)

8. Mengatasi BAB Berdarah

 Sediakan 20 gram kulit batang kemiri. Setelah dicuci bersih, rebus bahan dengan 400 cc air hingga bersisa 200 cc. Saring airnya, lalu minum selagi hangat  (Anonimus, 2014)

9. Obat Gosok

Minyak kemiri, seperti juga minyak kayu putih bisa digunakan sebagai obat gosok untuk menghilangkan pegal dan juga masuk angin. Caranya ya seperti menggunakan minyak gosok biasa  (Anonimus, 2014)

10. Obat Demam pada Anak

Rebus 15 gram akar pulutan dan tambahkan beberapa tetes minya kemiri. Saring airnya, kemudian diminum selagi hangat  (Anonimus, 2014)

Manfaat Kemiri untuk Rambut

Selain bermanfaat bagi kesehatan, kemiri juga bermanfaat untuk kecantikan terutama yang berhubungan dengan rambut. Sudah sejak zaman dahulu kala nenek moyang kita menggunakan buah kemiri yang diambil minyaknya untuk kesehatan rambut. Ada banyak cara dalam mengambil minyak dari biji buah kemiri. Bisa dengan cara merebus atau disangrai (goreng tanpa minyak).

1. Minyak kemiri menyuburkan rambut

Ambil minyak kemiri secukupnya oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala. Lakukan pijatan secara lembut dan biarkan selama semalaman. Keesokan harinya bilas dengan shampo, jangan lupa gunakan kondisioner pada ujung rambut. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan rambut yang subur, lebat dan tebal.

2. Mengatasi Rambut rontok

Kandungan protein dan mineral yang terdapat dalam buah kemiri mampu menguatkan rambut mulai dari akar hingga ujungnya.

3. Menumbuhkan Rambut

minyak kemiri dapat merangsang tumbuhnya rambut. Pemakaian minyak kemiri secara teratur dapat mencegha kerontokan dan menumbuhkan kembali rambut yang rontok bahkan lebih kuat dan sehat dari sebelumnya.

4. Menghitamkan Rambut

Minyak kemiri dapat membuat rambut mendapatkan kembali kemilaunya apapun warna rambut tersebut.

5. Menghilangkan Ketombe

Caranya dengan mengoleskannya pada kulit kepala secara merata sambil dipijat-pijat secara lembut. Minyak kemiri dapat membersihkan kulit kepala dari kotoran yang menjadi bian gkeladi munculnya ketombe.

Kemiri: Deskripsi, Klasifikasi dan Manfaat Tanaman Kemiri (Aleurites moluccana)

Manfaat Minyak Kemiri untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk rambut, minyak kemiri juga berkhasiat untuk dunia kecantikan. Diantaranya untuk merawat kecantikan kulit, alis dan bulu mata.

1. Merawat Kecantikan Kulit

Bukan hanya minyak zaitun yang berkhasiat menjaga kecantikan kulit tapi juga minyak kemiri. Kandungan antioksidan dalam minyak kemiri dipercaya mampu menjaga keremajaan kulit, menghilangkan keriput dan garis halus serta menangkal radikal bebas yang merugikan.

2. Menyuburkan Alis, Bulu Mata, dll

Seperti yang sudah diketahui, minyak kemiri berkhasiat menyuburkan dan menumbuhkan rambut. Itu berlaku untuk semua jenis rambut yang tumbuh pada tubuh manusia, termasuk alis, bulu mata, cambang, janggut dan kumis. Ambil minya kemiri dan campurkan dengan sedikit getah lidah buaya (berupa lendir dari daging daun lidah buaya) kemudian oleskan pada bagian tubuh yang ingin rambutnya subur, misalkan alis dan bulu mata. Pada pria bisa digunakan untuk melebatkan jenggot dan jambang biar terlihat macho (Anonimus, 2014)

Daftar Pustaka:

Anonimus. 2012. Situs dunia tumbuhan. Tersedia di: .

Anonimus. 2014.Manfaat Kemiri untuk Kesehatan, Kecantikan, Rambut. Tersedia di:

Anonimus. 2017. Aleurites moluccana (Candlenut). Tersedia di:

Gali-Muhtasib, H. U., Younes, I. H., Karchesy,J.J., El-Sabban, Marwan E., 2001, Plant Tannins Inhibit the Induction of Aberrant Crypt Foci and Colonic Tumors by 1,2-Dimethylhydrazine in Mice

Julaiha, S., 2003, Pengaruh Fraksi PE Ekstrak Etanolik Biji Kemiri (Aleuritis moluccana, (L.) Willd) terhadap Kecepatan Pertumbuhan Rambut Kelinci Jantan dan Uji Kualitatif Kandungan Asam Lemak dan Sterolnya, Skripsi, Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Steenis, C.G.G.J.V. 1981. Flora: Untuk sekolah di Indonesia. PT. Pradanya

Paramita, Jakarta.

UGM Farmasi. 2014. Kemiri (Aleurites moluccana (L.) Willd.). Tersedia di:

Oke detil perihal Kemiri: Deskripsi, Klasifikasi dan Manfaat Tanaman Kemiri (Aleurites moluccana) semoga tulisan ini berfaedah terima kasih

untuk beli mesin pengolahan kemiri bisa menghubungi kami ya. Alat Pengering Kemiri,

Tulisan ini diposting pada label

https://rubi77botani.wordpress.com/2017/11/14/deskripsi-dan-klasifikasi-tanaman-kemiri/

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Note: only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot